News

Jakarta,- Seminar Komunikasi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) se-Konference DKI Jakarta & sekitarnya berlangsung di Lantai IV Gedung Kantor Konference DKI Jakarta & sekitarnya di Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Dalam seminar 'setengah hari' yang diikuti sekitar 100 peserta-khususnya para pemimpin Departemen Komunikasi-yang juga dihadiri para pendeta dan ketua jemaat tersebut menghadirkan nara sumber tunggal Pdt.Samuel Simorangkir, Direktur Komunikasi & Kebebasan Beragama Konference DKI Jakarta & sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut Pdt.Samuel Simorangkir menjelaskan secara lengkap tugas-tugas Departemen Komunikasi khususnya yang akan disampaikan kepada para jemaat.

"Tugas pertama Departemen Komunikasi meliputi mata, telinga, dan mulut.Kitalah (Departemen Komunikasi-red) mata, telinga, dan mulut tersebut," jelasnya.

Mata adalah majelis, jemaat, dan pendeta.Telinga adalah mendengar apa itu keluhan jemaat, majelis, dan keluhan masyarakat khususnya di sekitar gereja.Mulut, bukan hanya pengumuman di atas mimbar tiap hari Sabat, namun berikanlah suatu pengumuman yang bertanggungjawab.

"Pastikan semua informasi yang disampaikan Departemen Komunikasi itu sampai kepada jemaat," pesannya.

Tugas kedua Departemen Komunikasi, Pdt.Samuel Simorangkir lalu mengutip Firman Tuhan Ulangan 6: 4-9 dengan penekanan kata 'berulang-ulang'.

"Pengumuman di atas mimbar, papan pengumuman, kertas acara/buletin, internet berupa WA, Youtube, SMS, dan pemimpin/sekretaris UKSS/kelompok peduli.Informasi dari Departemen Komunikasi yang disampaikan kepada jemaat harus pula sampai kepada kelompok kecil," pesannya lagi.

Selanjutnya, mempromosikan alat komunikasi baik untuk misi penginjilan, jemaat, dan untuk organisasi gereja.

"Pastikan informasi itu sampai kepada jemaat.Mata, telinga, dan mulut.Survey, tanya jawab, rapat majelis, rapat konferensi jemaat dan seminar ," kilahnya.

Sementara ketika menjelaskan tentang pelayanan penginjilan, Pdt.Samuel Simorangkir minta kepada Departemen Komunikasi di gereja untuk mencari data-data untuk penginjilan warna putih (didoakan 7 orang), warna kuning (dilawat/bersahabat), warna merah (belajar), warna biru (baptis), dan warna hijau (jadikan murid).

"Warna putih adalah mendokan tujuh nama.Warna kuning dilawat dan bersahabat, ketujuh nama, misalnya, bisa diajak olahraga bersama di car free day.Warna merah, ketujuh nama tersebut diajak untuk belajar.Warna biru, satu orang dibaptis.Dan, warna hijau orang yang sudah dibaptis tersebut memuridkan anggota baru.Bila dapat satu jiwa dibaptis akan memperoleh satu kancing emas, dan bila dua jiwa akan dapat dua kancing emas dari Uni Indonesia Kawasan Barat (UIKB)," ujarnya.

Pdt.Samuel Simorangkir-sebelum menutup seminar- juga memaparkan proyek komunikasi Konference DKI Jakarta & sekitarnya untuk tahun 2020 yaitu 1) Majalah Mahkota dan Warta Gereja Advent, 2) video berita, 3) penyiaran radio FM/AM, 4) audio dan video Buku Roh Nubuat Kemenangan Akhir, 5) rencana pembuatan film.

"Dan, kita juga sepakat bulan Februari 2020 akan mengadakan pelatihan Departemen Komunikasi untuk teknik penulisan berita, terutama menulis berita dan foto kegiatan gereja.Disusul nanti bagaimana cara pengeditan video,membuat berita dalam format video, radio, televisi dan sebagainya," katanya.

Seminar diselingi tanya jawab peserta.Dan, berakhir tepat pukul 12.30 WIB, diselingi makan siang bersama serta ramah tamah.(**)

Dilaporkan oleh Lasman Simanjuntak/Pemimpin Komunikasi GMAHK Jatinegara

Who's Online

We have 353 guests and no members online