News

Sesuai dengan tema yang dipilih, From Trials to Triumph, setelah melewati berbagai tantangan, ujian dan pergumulan, oleh kasih karunia TUHAN, GMAHK Jemaat Depok Baru akhirnya dapat diresmikan pada hari Minggu, 7 Oktober 2018.

Depok Baru mengawali perjalanan mereka sebagai satu perkumpulan cabang di bawah naungan Konferens DKI Jakarta pada tahun 2009 di mana anggota mula-mula merupakan anggota GMAHK Jemaat Depok Lama yang sepakat untuk membuat suatu perkumpulan cabang karena GMAHK Jemaat Depok Lama sudah semakin padat. Berbagai  hal yang dillewati, tetapi penyertaan TUHAN menyanggupkan perkumpulan ini akhirnya dapat melaksanakan kebaktian perdana pada tanggal 25 April 2009 di sebuah rumah yang dikontrak di Jl. Cempaka No. 11, Depok di mana Gembala Jemaat pada saat itu adalah Pdtm. L.J. Situmorang dan Penasihat adalah Pdt. H. Suawah. 
7 bulan 10 hari setelah itu, tepatnya pada tanggal 5 Desember 2009,. Perkumpulan cabang ini diorganisir sebagai satu jemaat oleh Pdt. L. Situmorang yang adalah Ketua GMAHK Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya, dengan nama GMAHK Depok Baru dan merupakan Jemaat ke-124 di Konferens DKI Jakarta dengan jumlah anggota jemaat 13 keluarga. 
Dengan berjalannya waktu, jemaat merasa bahwa biaya kontrak rumah yang dipakai untuk berbakti cukup mahal sehingga ada kerinduan untuk dapat membangun bangunan gereja sendiri. Kerinduan ini pun dibawakan dalam doa. Puji TUHAN, pada tahun 2011 Jemaat Depok Baru dituntun TUHAN kepada satu keluarga yang hendak menjual tanahnya yang terletak tidak jauh dari rumah yang dikontrak sebelumnya yakni di Jalan Jambu No. 6.

Berbagai macam pergumulan, perbedaan pendapat, membuat jemaat Depok Baru semakin giat untuk berdoa. Hanya kuasa doa dan jawaban doa saja, akhirnya tanah tersebut dapat dibeli kemudian satu bangunan sangat sederhana dibangun oleh anggota jemaat di mana Gembala Jemaat pada saat itu adalah Pdt. B. Malango.
Akhirnya pada hari Sabat, 29 Oktober 2011, Jemaat dapat mengadakan perbaktian pertama di ruang perbaktian yang baru dibangun dan Pdt. W.L. Limbong, Ketua GMAHK Konferens DKI pada saat itu, menjadi pengkhotah, kebaktian ini juga dihadiri oleh para Gembala serta Penatua di Wilayah XI.

Pada hari Minggu, 8 Desember 2013, Ketua Konferens DKI Jakarta, Pdt. W.L. Limbong meletakkan batu pertama untuk membangun bangunan gereja baru yang lebih baik.
Pembangunan ini membawa pengalaman rohani khusus bagi anggota jemaat, begitu banyak tantangan yang dihadapi, sehingga untuk beberapa saat sempat pembangunan ini terhenti.
Beberapa saat setelah sempat berhenti, dengan jumlah anggota jemaat yang semakin sedikit dari sebelumnya yakni 9 keluarga dan beberapa orang muda yakni Kel. Tri Agung Herdianto, Kel. Jimmy Siringoringo, Kel. Sibarani, Kel. H. Sihotang, Kel. Vicky Siringoringo, Kel. Anggiat Tampubolon, Kel. Ny. N. Simbolon, Kel. Ny. Ella Latuiperissa, Kel. Franky Tapiory Bpk. Soeharno, Sdr. Simson Pangaribuan, Ztr. Esther Marbun, Ztr. Triani, Sdr. Pirson Situmorang dan Sdri. Elvira Takasanakeng serta Gembala Jemaat Pdt. Falmer Sagala akhirnya dengan penuh doa memutuskan untuk tetap melanjutkan pembangunan ini.

Minggu, 7 Oktober 2018, atas pertolongan, di dalam kelemahan, keterbatasan anggota jemaat Depok Baru serta berbagai pergumulan yang dihadapi, kuasa TUHAN nyata, terbangunnya gereja ini adalah bukti nyata “bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan karena kasih TUHAN, GMAHK Depok Baru dengan jumlah 88 anggota dan Gembala Jemaat Pdt. J.L. Sinaga pun diresmikan.
 
Acara Peresmian dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Depok, Bpk. Hendri Tangke Allo, S. Sos., Sekretaris UIKB, Pdt. B. Sagala serta Ketua Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya, Pdt. A.H. Marbun, beserta jajarannya. Juga turut hadir warga sekitar gereja, para donatur baik perseorangan maupun donatur Jemaat, dll.

Pada kebaktian pendahuluan, Pdt. A.H. Marbun membukakan kepada hadirin yang hadir bahwa bangunan gereja telah dikhususkan untuk TUHAN jadi harus digunakan untuk memuliakan TUHAN lewat menjadi berkat bagi warga sekitarnya.

Dalam panggilan komitmen, Pdt. B. Sagala memotivasi Jemaat untuk dapat menyatukan hati agar GMAHK Depok Baru dapat menjadi pusat pengaruh di Depok.

Di akhir acara, Ketua GMAHK Depok Baru, Bpk. Tri Agung Herdianto menyatakan sebagai respons atas panggilan komitmen yang disampaikan dan sebagai bentuk ucapan syukur, minggu depannya yakni Minggu, 14 Oktober 2018 akan diadakan Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

"TUHAN mengharapkan Gereja-Nya untuk mendisipilin dan mempersiapkan anggota-anggotanya bagi pekerjaan menerangi dunia." - (Ellen White, Christian Service, hlm. 58.2)

Who's Online

We have 106 guests and no members online