News

Sudah menjadi kewajiban bagi umat kristen advent beribadah pada hari Sabat/Sabtu. Kita sebagai umat advent sudah pasti menguduskan dan beribadah hari Sabat/Sabtu dan menjadirutinitas kegiatan yang dilaksanakan ibadah pada hari Sabat, mulai dari kebaktian sekolah Sabat hingga tutup Sabat. Setelah hari Sabat, rutinitas kembali menjadi kegiatan masing-masing jemaat.

Dan hari Minggu kita melakukan aktivitas bersama keluarga atau melakukan kegiatan yang terkadang tidak bisa kita lakukan selama hari-hari bekerja pada hari Senin sampai hari Jumat. Tetapi jemaat bintaro menggunakan hari Minggu untuk menjalankan pelayanan yang bersifat rutin setiap hari Minggu untuk bimbel matematika & bahasa inggris, kursus menjahit dan hari Rabu untuk charity clinic.

Ketiga pelayanan dapat berjalan dengan baik berkat kerja sama jemaat dari anak muda dan orang tua. Pelayanan tersebut dilakukan sudah lama dan menjadi rutinitas serta kewajiban bagi anggota pelayanan yang mengambil bagian. Target dari pelayanan ini adalah orang-orang yang ada di sekitar lingkungan gereja bintaro. Puji Tuhan atas berkatNya dan support oleh gembala, majelis dan jemaat, sehingga pelayanan ini dapat berjalan lancar dan banyak orang di sekitar lingkungan gereja yang terberkati atas pelayanan-pelayanan yang diberikan.

Mereka (warga di lingkungan gereja Bintaro) sangat senang dengan kehadiran pelayanan yang diberikan jemaat Bintaro karena banyak manfaat yang didapatkan. Mulai dari bimbel matematika & bahasa inggris, kursus menjahit dan charity clinic yang berjalan rutin setiap minggu. Berikut hasil laporan dari masing-masing pelayanan dari tiap departemen GMAHK Bintaro :

1. Bimbel Matematika & Bahasa Inggris

Pelayanan Bimbingan Belajar GEMA secara resmi berdiri sejak tahun 2013 atas prakarsa Bpk. John Reza sebagai advisor dari Pemuda Advent GMAHK Bintaro. Kalau dilihat kebelakang, sebenarnya pelayanan bimbingan belajar ini sudah dimulai sejak tahun 2008-2010 yang dilakukan di rumah salah satu anggota SS cabang Suradita pada saat itu. Namun karena tempat yang cukup jauh dan sumber daya guru-guru yang kurang pada saat itu, maka kelas bimbingan belajar pada saat itu tidak dilanjutkan.

Seiring berjalannya waktu dan seiring bertambahnya jumlah generasi anak muda di GMAHK Bintaro, Bpk. John Reza bersama Pdt. Joram Hutagaol selaku gembala jemaat kami pada tahun 2013 mulai mengajak para anak muda untuk kembali membuka bimbingan belajar untuk anak-anak warga dilingkungan gereja. Dengan kesepakatan bersama antara anak muda, advisors PA Bintaro, dan majelis; akhirnya terbentuklah sebuah komitmen untuk melakukan bimbingan belajar matematika dan bahasa Inggris gratis yang dibuka untuk umum. Bimbingan belajar ini, atas kesepakatan bersama guru-guru dinamakan Bimbel GEMA. Bimbel ini dilakukan setiap hari Minggu pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB di Gedung Sentra Bintaro.

Bimbingan belajar diberikan kepada anak-anak kelas 1 SD hingga 3 SMP. Pendaftaran murid bimbel dibuka setiap semester dan Puji Tuhan kita bisa melihat bahwa terjadi peningkatan jumlah murid-murid bimbel setiap tahunnya. Terdapat sekitar 7 anggota jemaat yang mengikuti bimbel ini dan sisanya adalah warga sekitar gereja. Kami mulai dengan memberikan selembaran brosur hanya kepada rumah-rumah warga di RT gereja kami, namun begitu hebatnya pekerjaan tangan Tuhan, informasi mengenai bimbel ini dapar tersebar luas begitu cepat dari mulut ke mulut. Saya ingat betapa terkejutnya kami para guru-guru ketika kami membuka pendaftaran murid baru pada pekan lalu, bahwa banyak sekali warga yang ingin mendaftarkan anaknya bahkan dari daerah yang tidak kami jangkau, selain itu warga sudah datang bahkan satu setengah jam sebelum jam pendaftaran dibuka.

Adapun kami pernah melakukan kegiatan study tour bersama murid-murid bimbel ke TMII pada tahun 2015 dan juga 2016. Setiap hari Minggu setelah selesai bimbel, kami membariskan murid dan memberi mereka snack sebelum pulang. Beberapa kali guru-guru Bimbel GEMA diminta untuk membagikan pengalaman dan semangat pelayanan kepada anak-anak muda di gereja lain seperti di GMAHK Tidar Surabaya, GMAHK Ratna Palembang, GMAHK MT Haryono 1, dan GMAHK Jakasampurna; “Bagaimana dengan pendanaan pelayanan ini, bahwa kalau dilihat cukup besar pengeluaran yang dikeluarkan setiap minggunya?”, ini merupakan pertanyaan yang selalu ditanyakan ketika kami berkunjung membagikan kesaksian ke jemaat-jemaat Tuhan, dan ini juga merupakan pertanyaan yang sulit untuk dijawab karena kami pun tidak tahu bagaimana pelayanan ini tetap bisa berjalan hingga 5 tahun dengan pengeluaran yang cukup banyak, namun kami begitu percaya bahwa jika umat Tuhan sudah memiliki suatu komitmen bersama untuk melakukan pelayanan untuk-Nya, Tuhan akan ikut campur tangan dan Ia akan menyediakan segala hal yang dibutuhkan demi kemajuan pekerjaan-Nya sama seperti yang Ia janjikan dalam Filipi 4 : 19. Untuk Koordinator Bimbel adalah Yanthy Simanjuntak br. Sagala (2013) ± 50 murid, Michelle Anggi Damanik (2013-2014) ± 100 murid, Andrea Prastanto (2014-2015) 130 murid, Gyna Lea Gelita (2016-2017) 180 murid dan Disha Pasaribu (2018) 235 murid.

2. Kursus Menjahit

Kelas jahit dimulai pada bulan Agustus 2013, atas prakarsa ibu Jenny Sagala sebagai Pemimpin Dept. BWA GMAHK Bintaro, dan sebagai pengajar mula-mula adalah ibu Enny Effendi. Modal awal pelayanan kursus menjahit adalah mesin jahit yang Rutinitas Pelayanan GMAHK Bintaro dihibahkan maupun yang dipinjamkan dari jemaat. Kelas dimulai dengan 6 orang ibu anggota jemaat yang dipersiapkan sebagai guru yang membantu untuk mendampingi guru utama. Awal tahun 2014, dibukalah kelas untuk menerima murid dari lingkungan sekitar, sehingga murid dari anggota sendiri 6 orang dan 7 orang dari lingkungan dengan total 13 orang.

Pada tahun 2014 kelas menjahit mendapat bantuan dari organisasi berupa mesin jahit dan mesin obras, ini semua berkat usaha dan perhatian dari gembala jemaat yang terus memantau dan membina kami dalam pelayanan setiap hari Minggu. Dan berkat dukungan dari mejelis GMAHK Bintaro pada pertengahan 2014 kelas kursus menjahit mendapat ruangan sendiri untuk melakukan pelayanan. Adapun setiap murid baru yang berasal dari lingkungan, disediakan bahan-bahan awal untuk kursus yang berupa gunting, meteran, jarum dan lain-lain. Pada tahun 2015 murid kelas menjahit berjumlah 15 orang, tahun 2016 berjumlah 21 orang, tahun 2017 berjumlah 23 orang dan saat ini tahun 2018 berjumlah 20 orang. Sebagian besar para murid tersebut sudah menerima order jahitan di rumah masing-masing.

3. Klinik Gratis (Charity Clinic)

Klinik Gratis / Charity clinic dimulai tahun 2011 atas prakarsa Pdt. Joram Hutagaol, dan pelayanan selama 2 tahun dilakukan oleh ibu Pdt. Masla Hutagaol dan Dr. Silvera Sinuraya. Ibu Ietje Sinay bergabung pada tahun 2013, dibantu oleh ibu Erna Siahaan dalam pelayanan Klinik Gratis setiap hari Rabu minggu pertama dan ketiga setiap bulan, yang datang berobat sekitar 5- 20 orang. Pasien yang datang terdiri dari balita sampai lansia, balita biasanya batuk, pilek, demam dan kurang nafsu makan. Pasien yang dilayani terdiri dari beberapa macam keluhan/penyakit, seperti Hipertensi, Diabetes Melitus, dan bagi lansia keluhannya adalah sakit pada buku-buku tangan dan kaki, pinggang dan sebagainya. Pelayanan ini juga pernah mengobati seorang pasien dengan luka yang mulai membusuk di kaki/betis sebelah kanan, selama sebulan kami obati sampai sembuh. kami juga mengadakan baksos pengobatan untuk penduduk di sekitar gereja setiap tahunnya, dan yang datang berobat sekitar 90-100 orang.

Sejak tahun 2016, kami mengadakan 2 baksos di tempat yang berbeda, kami juga pernah mengadakan baksos di sumber wekas, tretes, jawa timur, kerja sama dengan PA Bintaro. Selain itu kami mengadakan donor darah 4x setahun, yang mendaftar 20-70 orang, menghasilkan 20-40 kantong darah. Karena Dr. Silvera Sinuraya sibuk dengan dinas di Rumah sakit dan mengurus anak balitanya, sehingga tidak dapat membantu kami lagi di klinik. Puji Tuhan pelayanan klinik gratis sudah ada 2 dokter muda di Jemaat GMAHK Bintaro yaitu Dr. Jeannette Hutapea dan Dr. Colin Simbolon. Waktu, tenaga, pikiran, dan komitmen diberikan dengan sepenuh hati untuk pelayanan kepada Tuhan, tapi itu tidaklah sebanding dengan berkat yang Tuhan telah limpahkan. Puji Tuhan, semua pelayanan ini dapat menjadi berkat, dimana kami dapat melihat semangat orang-orang yang datang untuk belajar setiap hari Minggu dan berobat setiap hari Rabu. Gembala Jemaat yang melayani saat ini di Jemaat Bintaro adalah Pdt. Yan Penlaana, yang turut memonitoring jalannya Bimbel, Les Menjahit dan Klinik Gratis. Kiranya hanya nama Tuhan yang ditinggikan melalui pelayanan kami dan kiranya Tuhan memberkati saudara-saudara dalam segala pelayanan dan pekerjaan Tuhan dengan hati yang gembira dan penuh sukacita.

Who's Online

We have 28 guests and no members online