News

Oleh: Aurora Simarmata

Sekretaris Jemaat - GMAHK Petra Tunheim Memorial Church

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” Amsal 22:6

Ayat diatas bukan sekedar kiasan belaka, akan tetapi nyata adanya. Oleh sebab itu, teruna-teruna kecil di gereja kami diajak untuk melakukan hal baik dan benar sedari dini. Seperti halnya yang kami lakukan pada tanggal 29 April 2018, kami mengunjungi orang tua lanjut usia yang ada di gereja kami. Sesungguhnya ini merupakan program yang sudah kami lakukan sejak beberapa tahun lalu dan terus akan dilakukan mengingat begitu besar manfaat dari melakukan kunjungan kasih ini.

Jika pada awal program ini diadakan kami mengutamakan orang tua lansia yang sudah hidup sendiri dan bahkan jauh dari pemeliharaan keluarga, pada masa-masa sekarang ini kami juga mengunjungi orang tua lansia yang masih hidup bersama keluarga. Oleh sebab rasa sepi orang tua lansia tidak dapat diukur dari hidup bersama siapa, bisa jadi mereka merasa kesepian walau hidup bersama keluarganya. Hal inilah yang memotivasi kami untuk terus mengadakan kunjungan kasih kepada orang tua lansia, untuk menghibur mereka, meneguhkan iman percaya mereka, dan menaruh harapan bahwa anak kecil pun tidak melupakan mereka terlebih lagi Allah Bapa di Sorga.

Program ini biasanya kami lakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun, dengan satu kali pelaksanaan kami mengunjungi dua sampai tiga orang tua lansia. Tidak hebat yang kami lakukan. Biasanya kami datang pada pagi hari, sekitar pukul 07.30 kami sudah tiba di rumah orang tua lansia tersebut. Lalu kami menyanyi bersama-sama, mendengar firman Tuhan melalui renungan pagi, memanjatkan doa khusus bagi orang tua lansia kemudian kami akan memberikan kartu ucapan yang sudah dibuat oleh anak-anak beserta bingkisan buah atau lain sebagainya. Makanan sederhana untuk sarapan pagi beserta minuman dan alat makan juga kami bawa, dengan maksud agar tidak merepotkan orang tua lansia dan keluarganya.

Pengalaman kunjungan kasih ini merupakan pengalaman membawa kebahagiaan bagi kami Pembina dan adik-adik Adventurer Club. Sesungguhnya tujuan utama selain dari menghibur orang tua lansia adalah  mendidik diri kami sendiri untuk melayani sesama dan memperhatikan orang tua lansia seperti kami mengasihi orang tua kami sendiri. Banyak dari antara orang tua lansia yang kami kunjungi bahkan tidak memiliki tempat kediaman sendiri oleh karena tidak memiliki keluarga, pun diabaikan oleh keluarga dan harus mengontrak rumah atau tinggal di tempat kost. Potret kehidupan seperti itu yang ingin kami alami dan kami tunjukkan kepada adik-adik Adventurer Club untuk menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang mereka terima saat ini. Sementara bagi kami yang dewasa, kami dapat mempersiapkan diri kami kelak satu saat menjadi seperti orang tua lansia yang hidup sendiri dan terlupakan.

Kami berharap agar melalui program yang sederhana ini banyak jiwa yang tersentuh, imannya terpelihara di dalam Tuhan sembari menunggu kedatangan Tuhan yang kedua kali.

Who's Online

We have 20 guests and no members online